TIPS dan TRIKS Yang Patut Dipertimbangkan Sebelum Melakukan UJIAN PNS

TIPS-TIPS PENTING DAN PRAKTIS 

Pada proses seleksi penerimaan CPNS kemampuan dan keterampilan KITA sunguh-sunguh akan diuji karena KITA harus berkompetisi dan bersaing dengan ribuan pelamar bahkan ratusan pelamar untuk mendapatkan satu kursi PNS. Sebab itu, KITA sebaiknya melakukan persiapan matang dan disertai dengan doa kepada Allah swt.


TIPS dan TRIKS Yang Patut Dipertimbangkan Sebelum Melakukan UJIAN PNS
TIPS dan TRIKS Yang Patut Dipertimbangkan Sebelum Melakukan UJIAN PNS

Berikut ini adalah TIPS dan TRIKS Yang Patut Dipertimbangkan Sebelum Melakukan UJIAN PNS yang perlu kita perhatikan.

  • Jauh - jauh hari sebelum bulan-bulan penyelenggaraan ujian CPNS, KITA seharusnya sudah mempersiapkan kemampuan KITA. Caranya dengan mengetahui jenis-jenis soal yang sering diujikan. Selanjutnya, melatih diri mengerjakan soal CPNS dalam berbagai bentuk. Dengan begitu, KITA akan terbiasa mengerjakan soal dengan tepat dan cepat. Atau, mungkin KITA menemukan trik - trik tertentu untuk menjawab tipe - tipe suatu soal.
  • Ketahui seluk-beluk lnstansi pemerintah yang mengadakan ujian seleksi tersebut. Bisa saja soal-soal yang menyangkut lnstansi tersebut atau bidang yang KITA tuju ditanyakan, baik dalam ujian tulis maupun wawancara.
  • Persiapkan kepribadian yang positif, jujur, teliti, dan sederhana. Ini sangat penting, khususnya untuk menghadapi tes wawancara (jika ada) karena gerak-gerik dan sikap KITA dinilai. Selain ltu, sikap lni berguna di masa mendatang Jika KITA terjun ke dalam lingkup masyarakat.
  • Ikuti berita terkini, baik dengan membaca buku, media visual, maupun tulis. Seringkali, beberapa Instansl mengeluarkan soal-soal menyangkut perkembangan terbaru (KITA harus update berita terkini).
Selain pengayaan materi ujian yang baik, fisik dan mental KITA juga harus dipersiapkan. Kedua-duanya penting untuk menunjang kesuksesan KITA dalam menghadapi ujian. Berikut ini persiapan fisik dan mental menjelang ujian seleksi CPNS.

Persiapkan Fisik Diri Kita

  1. Beristirahatlah yang cukup sebelum menghadapi ujian. Diharapkan satu hari sebelum ujian, KITA sudah tidak lagi berkutat dengan latihan soal. Jadikan hari itu untuk merilekskan tubuh dan pikiran KITA. Malam harinya, jangan tidur sampai larut malam. Dengan demikian, esok harinya kondisi badan KITA fresh dan siap menghadapi ujian. 
  2. Hindari minum obat menjelang ujian, apalagi obat yang berefek samping, seperti mengantuk, mual, dan jantung deg-degan. Pastinya, hal tersebut akan membuyarkan konsentrasi KITA saat mengerjakan soal. 
  3. Bagi KITA yang tidak terbiasa minum kopi, hindari mengonsumsinya di malam menjelang ujian atau esok paginya. Efek sampingnya bisa membuat KITA susah tidur dan jantung berdebar-debar.
  4. Jaga stamina dengan melakukan olahraga rutin dan makan makanan bergizi. Hal lni sangai membantu KITA tampil prima di harl H sehingga konsentrasi KITA untuk mengerjakan soal dapat dilakukan dengan optimal. 
  5. Sarapan pagi menjelang ujian. Hal ini membuat stamina KITA tetap fit dan semakin berkonsentrasi menghadapi ujian.

Persiapkan Mental Diri Kita

  1. Pupuk selalu kepercayaan diri KITA dalam menghadapi ujian jika memang KITA telah melakukan persiapan matang. Hilangkan mental minder dan pesimis karena materi ujian yang sudah KITA siapkan menjadi sia-sia.
  2. Singkirkan dahulu masalah-masalah yang sedang KITA hadapi. Fokuskan pikiran dan mental untuk menghadapi ujian. Prioritaskan ujian karena ini menyangkut masa depan KITA.
  3. Hilangkan perasaan cemas dan khawatir. Yakin bahwa dengan persiapan yang matang, sebagian kesuksesan sudah di tangan KITA.
  4. Jika KITA masih belum bisa menguasai perasaan cemas dan khawatir, coba tarik dan buang napas perlahan serta konsentrasikan pikiran KITA. Cara ini membantu pikiran KITA tenang dan rileks.
  5. Sebelum mulai mengerjakan soal, berdoalah kepada Allah swt. Agar diberikan kelancaran dan kesuksesan dalam mengerjakan soal. Pasrahkan kepada-Nya sehingga pikiran dan hati KITA tidak terbebani.
  6. Fokuskan pikiran dan hati pada soal-soal ujian. Tetaplah tenang. Jangan terpancing dengan situasi dan kondisi di sekitar KITA karena akan merugikan diri KITA sendiri.

Sekian TIPS dan TRIKS Yang Patut Dipertimbangkan Sebelum Melakukan UJIAN PNS dari kami semoga berguna dan bermanfaat bagi kita semua semoga kita bisa menjadi PNS yang terbaik dan berguna bagi Nusa dan Bangsa.

BACA JUGA TIPS LAINNYA MENGENAI CPNS 

Jika ada link yang mati mohon segera lapor di kolom komentar agar cepat di perbaiki



Previous Post
Next Post
Related Posts