Apa Sih Big Data Itu ? Pengertian dan Penjelasan Big data

C : Apa Sih itu Big Data ?

N : emmmmmm... apa ya???

Pengertian Big Data

Bayangkan semua data yang dihasilkan dari awal kamu lahir sampai besar sekarang mulai dari 
1. Nama 
2. Data pendidikan 
3. Kesehatan 
dan lainnya digambarkan ke dalam bentuk satu kotak, pastinya sudah penuh dengan kotak-kotak tersebut bukan... ? Dan itu dihasilkan oleh setiap orang di bumi tidak bisa dibayangkan bukan..? penuhnya seperti apa bumi ini ....?. Secara sederhana Big Data adalah himpunan data yang sangat besar yang tidak mampu diolah oleh sistem komputer dan perangkat lunak konvensional dan memiliki karakteristik tertentu, yaitu  Volume, Variety dan Velocity.

Pengertian dan Penjelasan Big data
Pengertian dan Penjelasan Big data

Isi Big Data

Dalam Big Data, volume atau ukuran data yang dihasilkan sangat besar, bahkan sangat-sangat besar jika semua data pada tahun 2010 dipindahkan ke dalam bentuk kepingan DVD, maka DVD tersebut dapat membuat hubungan panjang sepanjang jarak antara bumi-bulan dan kembali lagi ke bumi.

Pengertian dan Penjelasan Big data
Pengertian dan Penjelasan Big data


Dan data-data tersebut terus bertambah Pada tahun 2012. Kita menghasilkan 2,3 triliun Gigabyte data setiap harinya, diperkirakan nanti pada tahun 2020 data yang dihasilkan sebanyak 43 triliun Gigabyte. Selain Volume, Varietas juga merupakan salah satu karakter dari BIG DATA,  data-data yang dihasilkan terdiri dari berbagai jenis dan variasi seperti:
1. Teks 
2. Foto 
3. Video dan lain-lain. 

C : Apa saja yang menghasilkan BIG data ?

N : Banyak sekali.....


Salah satunya adalah adanya internet of things. Internet of things bisa diartikan di mana benda-benda di sekitar kita dapat berkomunikasi antara satu sama lain melalui sebuah jaringan seperti internet.

Asal Big Data

Mulai dari handphone, televisi, jam tangan bahkan sampai lemari pendingin.  Semua benda benda tersebut menghasilkan data, baik itu data tentang letak titik macet di suatu tempat dan tahu berapa detak jantung berdenyut setiap hari, data tentang berapa langkah kaki yang kamu ambil setiap hari ini, data perbankan kesehatan, sensor untuk mengumpulkan informasi tentang iklim, postingan kamu di media sosial, data transaksi kartu kredit dan yang paling penting adalah data untuk ilmu pengetahun.

Solusi Mengatasi Big Data

Coba bayangkan... Bagaimana saham-saham  perusahaan, rute jalan, perkiraan cuaca dapat diketahui dengan hitungan menit bahkan lebih tinggi bahkan lebih.  Tentunya perangkat komputer biasa tidak dapat menangani hal ini bisa jadi akan menghabiskan beberapa tahun untuk melakukan itu HPC adalah Jawabannya HPC high performance computing adalah sistem komputer yang dibangun agar mampu menyelesaikan beban komputasi yang tak terkira beratnya dalam waktu yang masih bisa diterima sebuah sistem HPC terdiri dari puluhan ratusan bahkan ribuan CPU CORE yang saling terkoneksi.

Kesimpulan Big Data

Bisa ditarik kesimpulan bahwa BG DATA merupakan suatu fenomena yang tercipta karena adanya kemajuan teknologi dan mau tidak mau kita harus dapat menghadapinya



Previous Post
Next Post
Related Posts