Latihan 2 // Soal Pancasila, Belajar Soal-Soal CPNS

Dalam kasus berikut ini kita akan belajar lagi yaitu membahas dan belajar mengerti  mengenai soal-soal test ujian untuk jadi PNS, untuk menambah wawasan kita, untung - untung bisa kejadian beneran (INSYAAALAH), setelah belajar mengenai soal-soal dibawah ini.

Latihan 2 //  Soal Pancasila, Belajar Soal-Soal CPNS


Latihan 2 //  Soal Pancasila, Belajar Soal-Soal CPNS
Latihan 2 //  Soal Pancasila, Belajar Soal-Soal CPNS


Bersedia ......  Siap....  Mulai....

SOAL PANCASILA (KEWARGANEGARAAN)


11. Otonomi daerah sebagai kebijaksanaan nasional memberikan kewenangan luas mencakup hampir seluruh bidang pemerintahan, kecuall masalah ....
a. Politik luar negeri <>
b. Pertahanan keamanan 
c. Keuangan antardaerah
d. Moneter dan fiskal
e. Agama dan peradilan 

12. Dalam membangun ekonomi kerakyatan, kemakmuran masyarakatlah yang harus diutamakan, bukan kemakmuran orang perorang. Hat lni sesuai dengan Pasal 33 UUD 1945 yang salah satu ayatnya berbunyi ....
a. Perekonomian disusun berdasarkan usaha bersama dan kekeluargaan <>
b. Sistem free fight liberalisme menumbuhkan eksploitasi terhadap manusia
c. Cabang-cabang produksi boleh dikuasai oleh perseorangan atau negara
d. Hak milik perorangan diakui, namun penggunaannya harus berbagi
e. Fakir miskin dan anak-anak terlantar menjadi tanggung jawab negara

13. Anak-anak dieksploitasi orang tua untuk membantu mencari nafkah, pembantu rumah tangga disiksa atau tidak diberi gaji, sekelompok orang menerima perlakuan yang diskriminatif, mengalami tindak kekerasan, atau perlakuan hukum yang tidak adil. Kejadian ini menunjukkan bukti bahwa masih banyak ter dapat ....
a. Warga negara yang berpendidikan rendah
b. Penyalahgunaan informasi dan komunikasi 
c. Dampak negatif yang mencemari pembangunan
d. Pelanggaran terhadap hak asasi manusia  <>
e. Kegamangan gaya dan cara hidup masyarakat 

14. Menurut GBHN, pengembangan daerah secara khusus seperti wilayah Nanggroe Aceh Darussalam, perlu ditekankan pada .... 
a. Menyelesalkan konflik social yang berkepanjangan dengan berbagai upaya 
b. Mendorong masyarakat yang bertikai agar proaktif melakukan rekonsiliasi
c. Menyelesaikan masalahnya dengan mengusut dan mengadili yang bersalah
d. Menerapkan daerah operasi untuk meredam keinginan memisahkan diri  <>
e. Memberikan otonomi daerah yang luas, nyata. dan bertanggung jawab penuh 

15. Kedudukan dan fungsi Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa Indonesia merupakan ....
a. Keyakinan yang memiliki kebenaran
b. Slkap mental, tingkah laku, dan amal 
c. Petunjuk, penuntut, dan pegangan sikap <>
d. Pandangan hidup 
e. Pedoman hidup bangsa

16. Pancasila dikatakan sebagai suatu sistem filsafat bila ....
a. Sila-sila Pancasila itu harus kita lihat sebagai satu rangkaian kesatuan
b. Harus kita pahami sebagai totalitas 
c. Susunan dan bentuknya hirearkis pyramidal
d. Semua jawaban benar <>
e. a dan b benar 

17. Nilai·nilai yang terkandung datam Pancasila, menurut Prof. Notonegoro dapat dibagi menjadi .... 
a. Nilai materiil 
b. Nilai vital
c. Nilai kerohanian
d. Jawaban a, b, dan c benar <>
e. Tidak ada jawaban yang benar 

18. Menurut Prof. Notonegoro, apa yang dimaksud dengan nilai vital adalah ....
a. Segala sesuatu yang benar-benar penting bagi manusia 
b. Segala sesuatu yang berguna bagi manusia untuk dapat mengadakan kegiatan dan aktivitas <>
c. Segala sesuatu yang dapat menyebabkan hal yang genting bila tidak terpenuhi 
d. Semua jawaban benar
e. Faktor yang menentukan 

19. Pancasila merupakan falsafah bangsa Indonesia. Falsafah negara-negara Eropa Barat dan mereka cenderung menganut paham individualistik yang dikemukakan oleh .... 
a. Thomas Hobbes <>
b. Marx 
c, Spinoza 
d. Semua jawaban salah 
e. Lennin 

20. Secara etimologi, ideologi berasal dari bahasa Yunani idein yang berarti .... 
a. Melihat <> 
b. Ide 
c. Ajaran 
d. Ideal 
Previous Post
Next Post
Related Posts