35 Soal Prediksi Soal-Soal CPNS Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 2020-2021

Dalam kasus berikut ini kita akan belajar lagi yaitu membahas dan belajar mengerti  mengenai soal-soal test ujian untuk jadi PNS, untuk menambah wawasan kita, untung - untung bisa kejadian beneran (INSYAAALAH), setelah belajar mengenai soal-soal dibawah ini.

35 Soal Prediksi Soal-Soal CPNS Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 2020-2021


35 Soal Prediksi Soal-Soal CPNS Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 2020-2021
35 Soal Prediksi Soal-Soal CPNS Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 2020-2021


Bersedia ......  Siap....  Mulai....

TES KARAKTERISTIK PRIBADI (TKP)


Soal No. 66
Saya bekerja di kantor yang rata-rata karyawannya datang terlambat ke kantor...
 A. Saya akan menegur mereka dengan baik dan memberi contoh datang tidak terlambat
 B. Keterlambatan merupakan hak masing-masing individu
 C. Keterlambatan memang sudah budaya di lingkungan itu
 D. Saya akan melaporkan kepada atasan langsung
 E. Saya membiarkan kebiasaan terlambat mereka


Soal No. 67
Di kantor anda ada beberapa peralatan yang tidak berfungsi (rusak), namun hanya anda yang mengetahuinya. Apa tindakan anda ?
 A. Saya akan diam saja, karena jika saya melaporkan hal ini ke bagian perlengkapan, maka akan dikira saya yang telah merusaknya
 B. Saya beritahu rekan kerja terdekat saya
 C. Saya menginvestigasi siapa yang telah merusaknya
 D. Saya laporkan kepada bagian perlengkapan agar diambil tindakan seperlunya
 E. Tugas saya masih banyak, jadi tak ada waktu mengurusi hal tersebut


Soal No. 68
Beberapa pertimbangan jika saya ingin meninggalkan pekerjaan ini
 A. Semua orang ingin pekerjaan yang lebih baik.
 B. Saya mencari pekerjaan karena gaji yang didapatkan
 C. Saya yakin pekerjaan ini dapat menjamin masa depan saya dan saya cocok dengan pekerjaan ini
 D. Saya tidak cocok bekerja dengan suasana penuh tantangan.
 E. Saya menginginkan pekerjaan yang saya merasa aman.


Soal No. 69
Hampir semua pegawai di kantor instansi saya meminta uang tanda terimakasih atas pengurusan surat ijin tertentu. Namun menurut peraturan kantor, hal itu tidaklah diperbolehkan, maka saya...
 A. Ikut melakukannya karena bagaimanapun juga kawan-kawan kantor juga melakukannya
 B. Melakukannya hanya jika terpaksa membutuhkan uang tambahan untuk keperluan keluarga, sebab gaji kantor memang kecil
 C. Terkadang saja melakukan hal tersebut
 D. Berusaha semampunya untuk tidak melakukannya
 E. Tidak ingin melakukannya sama sekali

Soal No. 70
Seluruh pekerjaan telah selesai saya kerjakan namun jam kerja hari ini masih tersisa 2 jam lebih...
 A. Mumpung masih di kantor ada fasilitas internet, maka saya pergunakan untuk mengakses situs jejaring sosial facebook
 B. Setelah lelah bekerja hari ini, saya rasa tak ada salahnya saya mengobrol dengan rekan-rekan kerja lain untuk sekedar mengisi waktu
 C. Saya lebih suka membaca tabloid infotainment
 D. Saya pergunakan untuk chatting dengan kawan lama
 E. Saya pergunakan untuk membaca buku-buku pengembangan diri


Soal No. 71
Sikap saya terhadap perubahan, ide-ide dan cara-cara baru dalam bekerja
 A. Perubahan bukan jaminan keberhasilan pekerjaan
 B. Perubahan adalah suatu yang pasti
 C. Keberhasilan pekerjaan bergantung pada jenis perubahan, ide dan cara-cara baru tersebut
 D. Stabilitas dalam bekerja lebih penting
 E. Dengan adanya perubahan, kondisi kerja pasti lebih baik


Soal No. 72
Saya sedang mengikuti pelatihan yang diselenggarakan organisasi. Ada satu tugas yang harus dikerjakan tetapi pekerjaan tersebut boleh dibawa pulang
 A. Saya akan mengerjakan pekerjaan yang lain terlebih dahulu karena tugas tersebut belum harus segera dikumpulkan
 B. Akan saya kerjakan dulu tugas tersebut. Sebab kalau tertunda justru merepotkan
 C. Saya bisa mengerjakan dua pekerjaan sekaligus
 D. Tugas yang akan dibawa pulang ke rumah malah merepotkan
 E. Tugas akan saya kerjakan bersama-sama dengan teman biar cepat selesai


Soal No. 73
Dalam suatu kelompok kerja, biasanya anggota kelompok terdiri dari berbagai latar belakang budaya, dan saya merasa
 A. Sebagian orang menerima saya jika saya dapat mengikuti aturan dalam kelompok.
 B. Perlu berhati-hati akan apa yang bisa saya katakan atau saya perbuat didalam kelompok kerja.
 C. Benar-benar aman menjadi diri sendiri, dan saya tidak pernah berkonflik dengan anggota kerja yang lain.
 D. Tidak pernah menjadi diri sendiri dalam kelompok kerja.
 E. Tidak cukup berani untuk menjadi diri sendiri dalam kelompok kerja.



Soal No. 74
Ketika sedang melakukan presentasi, kancing baju Pak Benny, yang juga atasan anda, terlepas satu buah di bagian perut. Hal ini sangat mengganggu jalannya presentasi. Namun tampaknya tak ada yang berani memberitahu Pak Benny. Bagaimana sikap anda ?
 A. Lebih baik saya diam karena yang lainpun juga diam saja
 B. Saya menuliskan ke secarik kertas mengenai hal tersebut lalu saya serahkan kepada Pak Benny
 C. Meskipun hal itu mengganggu jalannya presentasi namun saya tak mau ambil resiko dengan memberitahunya
 D. Saya takut Pak Benny tersinggung, jadi tak ada alasan untuk saya memberitahunya
 E. Saya berharap semoga Pak Benny sadar dengan sendirinya.



Soal No. 75
Saya memiliki buku favorit dan buku tersebut dihilangkan oleh teman dekat saya.
 A. Saya marah pada teman saya
 B. Saya memintanya untuk mengganti buku tersebut karena buku itu favorit saya
 C. Saya sangat menyukai buku tersebut, namun buku itu sudah hilang
 D. Saya memusuhinya dan melarangnya meminjam buku saya lagi
 E. Saya memintanya untuk mengganti dan mengatakan padanya untuk lebih berhati-hati jika dia meminjam buku saya lagi



Soal No. 76
Draft laporan yang saya buat ditolak pimpinan karena dianggap kurang visibel.
 A. Segera melakukan perbaikan atas draft laporan dan mengajukannya kembali.
 B. Menerima penolakan tetapi tidak melakukan tindak lanjut.
 C. Menyalahkan orang lain karena tidak ikut membantu saya membuat draft tersebut.
 D. Menerima penolakan dan berusaha memperbaiki
 E. Berusaha mencari alasan seperti sedikitnya waktu untuk mengerjakannya.


Soal No. 77
Setelah menyelesaikan pekerjaan tertentu, saya
 A. Melakukan pekerjaan selanjutnya
 B. Istirahat dulu
 C. Mengakses situs jejaring sosial semacam facebook untuk mengetahui kabar terbaru dari kerabat dan kawan saya
 D. Mengakses situs jejaring sosial semacam facebook untuk mengetahui kabar terbaru dari kerabat dan kawan saya
 E. Meneliti pekerjaan tersebut apakah masih ada kekeliruan, lalu melakukan aktifitas lain


Soal No. 77
Setelah menyelesaikan pekerjaan tertentu, saya
 A. Melakukan pekerjaan selanjutnya
 B. Istirahat dulu
 C. Mengakses situs jejaring sosial semacam facebook untuk mengetahui kabar terbaru dari kerabat dan kawan saya
 D. Mengakses situs jejaring sosial semacam facebook untuk mengetahui kabar terbaru dari kerabat dan kawan saya
 E. Meneliti pekerjaan tersebut apakah masih ada kekeliruan, lalu melakukan aktifitas lain



Soal No. 78
kerja keras dan cermat merupakan wujud upaya untuk menjadi pribadi yangbermanfaat bagi organisasiBerkaitan dengan hal tesebut saya senang...
 A. bekerja tanpa mengenal lelah dan pamrih
 B. pekerjaan yang menantang
 C. pekerjaan yang menumbuhkan kreativitas baru
 D. Bekerja dengan standar yang tinggi
 E. pekerjaan yang rutin



Soal No. 79
pimpinan kantor menggelar rapat kerja guna membahas penyusunan rencana kerja untuk tahun depan. Setiap pegawai diharapkan mempersiapkan usulan untuk kegiatan tahun depan. Respon saya adalah...
 A. Tidak berminat sama sekali untuk mengajukan suatu ide kegiatan karena pasti ditolak.
 B. Akan mengajukan suati ide kegiatan jika diminta oleh atasan.
 C. Ragu-ragu untuk mengajukan suatu ide kegiatan karen aakan kecewa jika tidak diterima
 D. Mungkin berminat untuk mengajukan suatu ide kegiatan yang akan dilaksanakan tergantung situasi dan kondisi.
 E. Berminat mengajukan suatu ide kegiatan yang akan dilaksakan meskipun nantinya ide tersebut tidak diterima


Soal No. 80
Perusahaan tempat saya bekerja sedang mengalami kesulitan keuangan, sehingga manajemen mengeluarkan kebijakan efektif dan efisien dalam setiap proses kerja. Tanggapan saya adalah
 A. Setiap perusahaan pasti pernah mengalami kesulitan keuangan
 B. Perusahaan harus segera bertindak untuk mengatasi masalah ini
 C. dalam keadaan apapun setiap proses kerja harus dilakukan dengan efektif dan efesien.
 D. Keadaan ini menandakan ada masalah yang dihadapi perusahaan
 E. Kebijakan efektifitas dan efisiensi menyebabkan sulitnya mengajukan anggaran


Soal No. 81
Teman saya menceritakan sesuatu hal yang menurut saya tidak terlalu penting
 A. Teman saya menceritakan sesuatu hal yang menurut saya tidak terlalu penting
 B. Saya mendengarkan ceritanya hanya saja tidak terlalu memikirkannya
 C. Saya hanya mendengarkan sepintas lalu.
 D. Saya menceritakan hal tersebut kepada teman dekat saya karena menurut saya cerita tersebut tidak penting.
 E. Saya mengabaikan ceritanya karena tidak penting bagi saya.


Soal No. 82
Saya sedang menghadapi ujian akhir, namun saya tidak bisa hadir dalam ujian tersebut karena sakit dan dosen saya tidak menawarkan untuk mengikuti ujian susulan.
 A. Cuek saja toh dosennya tidak menawarkan ujian susulan.
 B. Saya menghadap dosen saya untuk meminta ujian susulan.
 C. Saya menyadari bahwa jika saya tidak mengikuti ujian mungkin saya tidak akan lulus.
 D. Seharusnya dosen tahu bahwa saya sedang sakit sehingga tidak dapat mengikuti ujian.
 E. Saya mungkin akan mengikuti ujian susulan kalau diadakan.


Soal No. 83
Saya lupa membuat laporan keuangan yang seharusnya diserahkan pada hari ini karena selama seminggu saya mengikuti diklat diluar kota..
 A. Saya meminta waktu kepada atasan untuk menyelesaikan laporan tersebut sesegera mungkin.
 B. Saya meminta beberapa teman untuk membantu saya menyelesaikan laporan itu.
 C. Seharusnya atasan saya memaklumi bahwa saya tidak ada waktu karena sedang mengikuti diklat.
 D. Saya menyadari bahwa saya lupa mengerjakan laporan dan saya yakin dapat menyelesaikannya.
 E. Saya minta maaf kepada atasan dan beralasan bahwa saya tidak sempat membuat laporan tersebut karena sedang mengikuti diklat.

Soal No. 84
Berpindah-pindah pekerjaan adalah hal yang wajar
 A. Saya tidak berpendapat bahwa karyawan harus setia terhadap perusahaannya
 B. Saya meyakini nilai-nilai yang mengatakan bahwa loyalitas terhadap pekerjaan adalah sikap yang terpuji
 C. Pekerjaan saya saat ini tidak dapat menjamin masa depan saya
 D. Saya meyakini bahwa loyalitas itu penting, sehingga saya merasakan pentingnya tanggung jawab moral karyawan
 E. Saya menyukai pekerjaan saya, tetapi jika ada pekerjaan yang lebih baik saya tidak ragu untuk pindah


Soal No. 85
Atasan anda melakukan rekayasa laporan keuangan kantor, maka anda
 A. Dalam hati tidak menyetujui hal tersebut
 B. Hal tersebut sering terjadi di kantor manapun
 C. Mengingatkan dan melaporkan kepada yang berwenang
 D. Tidak ingin terlibat dalam proses rekayasa tersebut
 E. Hal semacam itu memang sudah menjadi tradisi yang tidak baik di Indonesia


Soal No. 86
Perusahaan tempat saya bekerja sedang mengalami kesulitan keuangan.
 A. Saya tidak merasa khawatir dan saya tidak akan pindah perusahaan karena saya merasa cocok dengan pekerjaan ini.
 B. Setiap perusahaan pasti pernah mengalami kesulitan keuangan.
 C. Perusahaan harus segera bertindak untuk mengatasi masalah ini.
 D. Saya mulai mencari pekerjaan lain sembari tetap bekerja diperusahaan saat ini.
 E. Saya tidak berpikir dua kali untuk segera keluar dari perusahaan tersebut walaupun belum memiliki pekerjaan lain.


Soal No. 87
pekerjaan yang saat ini saya geluti adalah pekerjaan impian saya, sedangkan orang tua tidak menyukai pekerjaan saya, mereka menginginkan saya menjadi PNS. Tanggapan saya...
 A. berusaha untuk kabur dari rumah karena keinginan saya tidak disetujui orang tua
 B. menentang keinginan orang tua
 C. mengikuti keinginan orang tua, walaupun saya setengah hati menjalaninya
 D. menjelaskan kepada orang tua bahwa saya menyukai pekerjaan saya, dan nanti saya akan jadi PNS jika saya sudah siap
 E. Karena saya menyukai pekerjaan ini maka saya tetap pada pekerjaan ini walaupun gajinya kecil, yang penting sesuain dengan kompetensi saya.



Soal No. 88

Saya tidak pernah terlibat secara emosional dengan pekerjaan saya
 A. Terlibat secara emosional terhadap pekerjaan membuat saya merasa lebih memiliki dan dapat bekerja dengan baik
 B. Saya tetap bekerja walaupun saya tidak menyukai pekerjaan ini
 C. Terlibat secara emosional membuat saya merasa betah untuk bekerja
 D. Pekerjaan saat ini tidak cocok untuk saya.
 E. Saya menyukai pekerjaan saya, tetapi jika ada pekerjaan yang lebih baik saya tidak ragu untuk pindah.



Soal No. 89
Ketika gagal mencapai sesuatu yang saya inginkan, saya...
 A. Mencari dengan seksama siapa yang turut bertanggungjawab terhadap kegagalan saya tersebut
 B. Mengambil waktu untuk menenangkan diri
 C. Bersedih hati
 D. Melakukan introspeksi dan memperbaiki upaya
 E. Meminta bantuan kepada lebih banyak orang



Soal No. 90
Ketika muncul suatu masalah dalam pekerjaan yang kebetulan ada kaitannya dengan hal-hal yang menjadi kewajiban saya, maka saya ...
 A. Mencari kambing hitam penyebab masalah
 B. Akan tetap bertanggungjawab dan mencari solusinya
 C. Membiarkan masalah terus berlangsung
 D. Melihat dulu adakah pihak lain yang turut bersalah dalam hal ini
 E. Seharusnya ada orang lain yang membantu menyelesaikan hal ini


Soal No. 91
ketika saya diminta saran oleh teman yang ingin berhasil usahanya, saya menyarankan agar dia...
 A. mengikuti saja suratan nasib
 B. berusaha memperoleh dukungan dari pihak luar.
 C. memanfaatkan orang lain yang berpengetahuan luas
 D. bekerjasama denganorang yang berpengetahuan luas
 E. meningkatkan kemampuan dan pengetahuan


Soal No. 92
Komitmen yang berlebihan dalam pekerjaan dapat membuat Anda jadi kering.Sering kali pekerjaan datang bertubi-tubi dari supervisor anda karena menganggap bahwa anda mampu mengerjakannya. Anda merasa tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengerjakan setiap tugas dengan baik. tindakan anda adalah...
 A. Katakan 'tidak' dengan sopan tapi dengan cara langsung dan tegas jika benar-benar pekerjaan tersebut tidak dapat saya tangani
 B. meminta orang lain untuk membantu saya menyelesaikan pekerjaan
 C. menerima pekerjaan tersebut walau entah kapan akan diselesaikan
 D. karena takut dipecat karena menolak tugas, maka saya terima saja seluruh pekerjaan itu
 E. meminta perpanjangan deadline untuk menyelesaikan semua pekerjaan


Soal No. 93
Dalam suatu rapat organisasi, ada anggota yang menjadi penghalang tercapainya tujuan organisasi. Bagaimana tanggapan Anda?
 A. Orang tersebut sebaiknya dikeluarkan dari organisasi
 B. Itulah dinamika dalam kehidupan organisasi
 C. Gerak langkah orang tersebut perlu diwaspadai
 D. Orang tersebut tidak memahami tujuan organisasi
 E. Memang tipe orang tidak sama


Soal No. 94
Saya bekerja di kantor yang rata-rata karyawannya datang terlambat ke kantor...
 A. Saya akan menegur mereka dengan baik dan memberi contoh datang tidak terlambat.
 B. Keterlambatan merupakan hak masing-masing individu.
 C. Keterlambatan memang sudah budaya di lingkungan itu.
 D. Saya akan melaporkan kepada atasan langsung.
 E. Saya membiarkan kebiasaan terlambat mereka.


Soal No. 95
Draft laporan yang saya buat ditolak pimpinan karena dianggap kurang visibel
 A. Segera melakukan perbaikan atas draft laporan dan mengajukannya kembali
 B. Menerima penolakan tetapi tidak melakukan tindak lanjut
 C. Menyalahkan orang lain karena tidak ikut membantu saya membuat draft tersebut
 D. Menerima penolakan dan berusaha memperbaiki
 E. Berusaha mencari alasan seperti sedikitnya waktu untuk mengerjakannya


Soal No. 96
Atasan anda menetapkan target tugas harus selesai pada deadline tanggal 27 bulan ini, maka...
 A. Saya akan selesaikan tepat pada tanggal 27
 B. Kalau tugas lain menumpuk, saya akan minta ijin untuk menyeleaikan barang satu atau dua hari sesudah deadline
 C. Saya mencoba menyelesaikan tanggal 26 jika memungkinkan
 D. Saya meminta tolong rekan lain agar tidak terlambat deadline
 E. Saya menegosiasikan deadline yang ditetapkan atasan tersebut dengan baik-baik agar tidak terlalu memberatkan


Soal No. 97
Perusahaan tempat saya bekerja sedang mengalami kesulitan keuangan.
 A. Saya tidak merasa khawatir dan saya tidak akan pindah perusahaan karena saya merasa cocok dengan pekerjaan ini
 B. Setiap perusahaan pasti pernah mengalami kesulitan keuangan
 C. Perusahaan harus segera bertindak untuk mengatasi masalah ini
 D. Saya mulai mencari pekerjaan lain sembari tetap bekerja diperusahaan saat ini
 E. Saya tidak berpikir dua kali untuk segera keluar dari perusahaan tersebut walaupun belum memiliki pekerjaan lain




Soal No. 98
Berpindah-pindah pekerjaan adalah hal yang wajar
 A. Saya tidak berpendapat bahwa karyawan harus setia terhadap perusahaannya
 B. Saya meyakini nilai-nilai yang mengatakan bahwa loyalitas terhadap pekerjaan adalah sikap yang terpuji.
 C. Pekerjaan saya saat ini tidak dapat menjamin masa depan saya.
 D. Saya meyakini bahwa loyalitas itu penting, sehingga saya merasakan pentingnya tanggung jawab moral karyawan.
 E. Saya menyukai pekerjaan saya, tetapi jika ada pekerjaan yang lebih baik saya tidak ragu untuk pindah


Soal No. 99
pada saat saya mengingkari janji, maka saya
 A. merasa tenang saya, ingkar janji adalah hal yang biasa
 B. tidak terpikir saya telah ingkar janji
 C. merasa takut disalahkan oleh orang yang bersangkutan
 D. merasa bersalah pada orang yang bersangkutan
 E. merasa malu pada diri sendir



Soal No. 100
Menurut saya, bekerja merupakan upaya untuk meraih kesuksesan. Untuk itu upaya saya adalah...
 A. bekerja menyingkirkan orang yang saya anggap menghalangi upaya saya
 B. bekerja bedasarkan perintah atasan
 C. bekerja sampai larut malam
 D. bekerja dengan cermat dan berusaha menjadi terbaik dan diakui
 E. bekerja sepenuh hati





Previous Post
Next Post
Related Posts